Perbedaan Nol dan Kosong

credit to : colourbox.com
"Sayang, jangan pergi!" teriak Ucok ke pacarnya, Ani, yang sudah keliatan jauh punggungnya.
"Jahat, kamu memang cowok jahat! Kamu sadar gak, sih, berapa kali kamu nyakitin aku?" teriak Ani tak kalah keras, sampe menggugurkan dedaunan pohon kelor yang ada di sisi-sisi mereka: menambah efek dramatis.
"Nol kali! Aku tak pernah menyakiti kamu!" Ucok mulai menangis. Lubang hidungnya membesar sampai berdiameter 10 cm.
"Jahat!" Ani pun beranjak pergi.
"Sayang, kembalilah! Hatiku kosong tanpamu!"

Well, dari percakapan gaje di atas, sebenarnya kita sudah bisa memahami, apa bedanya 'nol' dan 'kosong'. Secara makna bahasa di KBBI terbaru aja, jelas keduanya berbeda. Tapi, untuk lebih jelasnya, kita bakal bahas apa bedanya. Emang apa sih bedanya nol dan kosong?

Nol

credit to : erevan.ro
Nol merupakan salah satu bilangan di matematika. Keberadaannya penting sebagai angka, gaes, sebagaimana nol di nomor telepon, nomor rekening, atau nomor kamar. Selain itu, bilangan 'nol' juga bisa untuk menunjukkan jumlah dari banyaknya sesuatu.
Misalnya nih ya, berapa sih skor pertandingan sepak bola di TV itu? Misalnya skornya kacamata 0-0. Nyebutnya, bukan 'kosong kosong', tapi 'nol nol', karena kita menghitung jumlah gol di pertandingan tersebut. Contoh lainnya, kalo ada yang lagi ngerjain ujian tapi jawabannya salah semua, nilainya pasti nanti 0/'nol', bukan 'kosong', karena yang dihitung jumlah jawaban yang benar. Ingat ya, gaes, nol berhubungan dengan jumlah.

Kosong

credit to : danielroom.tumblr.com
Kosong bukan sebuah bilangan, tapi adalah suatu keadaan. Lebih jelasnya, keadaan suatu tempat yang tak ada isinya. Di himpunan, kita mengenal {} atau Ã˜ sebagai himpunan kosong karena tak memiliki isi. Di kehidupan sehari-hari, banyak sekali contohnya.
Misalnya, rumah yang tak berpenghuni, kita nyebutnya rumah kosong (bukan rumah nol). Atau pas lagi bokek, kita sering bilang, dompetku lagi kosong (bukan dompetku lagi nol). Ingat ya, gaes, kosong berhubungan dengan keadaan.

Hubungan antara nol dan kosong

credit to : kurtrees.wordpress.com
Tentu saja meskipun berbeda, keduanya tetap memiliki hubungan. Itulah gunanya Tuhan menciptakan perbedaan, agar kita bisa berhubungan. #okemulaingaco
Karena 'kosong' berhubungan dengan keadaan, maka 'nol' bisa menjadi nilai besaran dari keadaan 'kosong' tersebut. Misalnya kayak gini, kita menyebut ruangan itu 'kosong' karena tak ada orang di dalamnya, berarti jumlah orang di dalamnya sama dengan 'nol'. Atau, dompet yang 'kosong' karena jumlah uangnya 'nol' rupiah. Atau juga, hati yang 'kosong' karena jumlah belahan jiwa di dalamnya 'nol'.
Contoh lain? Misalnya kita bikin diagram pacarannya para penulis Madmatics. Si Riko pacaran sama si L dan M, si Musta pacaran sama si N, si Garry ga punya pacar. Kenapa harus Garry yang gak punya pacar? Karena dia bully-able. #okengacolagi
Berapa banyak pacar para penulis Madmatics?
Pacar Riko sebanyak dua.
Pacar Musta sebanyak satu.
Pacar Garry sebanyak nol, karena ga punya pacar.
Siapa pacar para penulis Madmatics?
Pacar Riko adalah L dan M.
Pacar Musta adalah N.
Pacar Garry gak ada, alias himpunan kosong.
Sampe sini, udah ngerti bedanya, kan ya? Kalo mau, kita bakal lanjut bahas ini di teori himpunan.

Nol dan kosong dalam teori himpunan

credit to : encodedscience.com

Dari hubungan di atas, inilah kenapa di teori himpunan, kardinalitas (jumlah anggota) dari himpunan kosong Ã˜ adalah 0. (Kita biasa menuliskan dengan |Ø|=0.) Sementara, |{0}| = 1, karena himpunan tersebut memiliki isi, yaitu 0.
Dari konsep tersebut, kita bisa tahu dong kardinalitas dari himpunan berikut,
a. {Ø}     b. {Ø,{Ø}}     c. {Ø,{Ø},{Ø,{Ø}}}
Ada yang bisa jawab?
a. Satu. Karena himpunan tersebut memiliki isi, yaitu himpunan kosong Ã˜.
b. Dua. Yaitu himpunan kosong Ã˜, dan himpunan yang berisi himpunan kosong {Ø}.
c. Tiga. Yaitu himpunan kosong Ã˜, himpunan yang berisi himpunan kosong {Ø}, dan himpunan yang berisi himpunan kosong dan himpunan yang berisi himpunan kosong {Ø,{Ø}}.
Bingung? Sama. :v Gampangannya, sih, urutin kurung kurawalnya dan komanya. Atau bayangin aja, untuk poin a. kayak gini: gelas kosong yang masuk ke wadah kosong, berarti wadah tersebut ada isinya, yaitu gelas kosong!
credit to : mathfour.com
Sebagai penutup, ada lho film yang berhubungan sama bilangan nol dan kosong ini, yah walaupun cuma dikit hubungannya. Tapi ini film ada adegan2nya yang menjurus ya, jadi trailernya ga ditaruh di sini. :p
Oke mungkin seperti itu yang bisa kami sampaikan untuk hari ini. Semua yang kami tulis di atas adalah apa yang sejauh ini kami tahu. Pai paaaai~ *poof*

Muhamad Musta'in

Salah satu tukang ketik di MadMatics di bidang statistika matematika. Pemilik blog MusMeong.com yang suka khilaf kalo liat kucing dan makanan gratisan. Dimana ada makanan gratisan, di situ dia ada. Gampang dilihat di kos temen lagi main GTA 5.

4 komentar:

  1. Aseeemmm lu Mus -_-
    Kenapa harus banyaknya pacar? kenapa nggak tulis banyaknya mantan? kan nggak jadi nol kalo kategorinya banyaknya mantan *eh wkwkwk :"v

    BalasHapus
    Balasan
    1. sok-sokan punya mantan lu, jadian aja kagak pernah, wakakakaka

      Hapus
  2. Btw ditulis "Pacar Musta adalah N". Berarti lu udah jadian sama si "dia" dong Mus? PJ !!!!!!! :v

    BalasHapus