Review dan Prospek Kerja Jurusan Ilmu Sastra dan Budaya

Ilmu sastra dan budaya ini secara umum dinaungi oleh Fakultas Ilmu Budaya. Biasanya sih, ada enam jurusan, yaitu : Sastra Indonesia, Sastra Daerah, Sastra Asing, Antropologi, Arkeologi Indonesia, dan Sejarah.
pic from : http://ketikketik.com/
Berikut review jurusan di Ilmu Sastra dan Budaya yang bakalan gue ulas :

1. Sastra Indonesia
Sastra Indonesia mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan bahasa Indonesia (bahasa sebagai ilmu/tata bahasa, dan bahasa sebagai seni/sastra).
Prospek kerja sarjana Sastra Indonesia bisa menjadi peneliti di Pusat Bahasa, LIPI, Taman Budaya, Dewan Kesenian, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi editor atau wartawan di berbagai media massa. Dan, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Sastra Indonesia adalah : USU, UNAND, UI, UNPAD, UNDIP, UGM, UNAIR, UNEJ, UNUD, UNHAS, UNSRAT, UNIMED, UNP, UNRI, UNJA, UNIB, UNSRI, UNILA, UNJ, UNSOED, UNS, UNY, UNTAN, UPR, UNLAM, UNMUL, dan UM.

2. Sastra Daerah
Sastra Daerah (Sastra Jawa, Sastra Melayu, dsb.) mempelajari karya-karya sastra daerah tertentu dan hubungannya dengan masyarakat.
Prospek kerja sarjana Sastra Daerah bisa menjadi ahli bahasa di KEMDIKNAS, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi editor atau wartawan di berbagai media massa. Dan, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Sastra Daerah adalah :
Sastra Jawa : di UI, UGM, UNNES, UNS, UNY, UNESA
Sastra Jawa Kuno : di UNUD
Sastra Melayu : di USU
Sastra Batak : di USU
Sastra Minang : di UNAND
Sastra Bali : di UNUD
Sastra Bugis : di UNHAS

3. Sastra Asing
Sastra Asing (Inggris, Perancis, Jerman, dsb) mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan bahasa asing tertentu, yaitu bahasa sebagai alat komunikasi (percakapan), bahasa sebagai ilmu (linguistik), dan bahasa sebagai seni (sastra).
Prospek kerja sarjana Sastra Asing bisa menjadi ahli bahasa di KEMLU, LIPI, Kementerian Telekomunikasi dan Informatika, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi penerjemah atau guide. Atau, bisa juga menjadi editor atau wartawan di berbagai media massa. Nggak lupa, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Sastra Asing adalah :
Sastra Inggris : di USU, UNAND, UI, UNPAD, UNDIP, UNS, UGM, UNAIR, UNEJ, UNUD, UNHAS, UNSRAT, UNIMED, UNP, UNRI, UIN-SUSKA, UNSRI, UNIB, UNILA, UNJ, UIN-JKT, UPI, UIN-SGD, UNTIRTA, UNSOED, UNNES, UNY, UNTAN, UPR, UNLAN, dan UNMUL.
Sastra Perancis : di UI, UNPAD, UGM, UNHAS, UNNES, UNY, dan UNESA.
Sastra Arab : di USU, UI, UNPAD, UGM, UNHAS, UNJ, UIN-JKT, UNNES, IAIN SUNAN AMPEL, dan UM.
Sastra Jerman : di UI, UNPAD, UNS, UNIMED, UNJ, UPI, UNY, dan UNESA.
Sastra Jepang : di UI, UNPAD, UGM, USU, UNAND, UPI, UNNES, UNESA, UNAIR, dan UB.
Sastra Rusia : di UI, dan UNPAD.
Sastra Belanda : di UI.
Sastra Cina : di UI.
Bahasa dan Kebudayaan Korea : di UI, dan UGM.

4. Antropologi
Antropologi mempelajari tentang kebudayaan masa lampau suatu masyarakat untuk mendapatkan keterangan persebaran kebudayaan masyarakat tersebut.
Prospek kerja sarjana Antropologi bisa menjadi ahli antropologi di Dinas Pariwisata, Biro Konsultan, LIPI, KEMDIKNAS, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Antropologi adalah : USU, UNAND, UI, UNPAD, UGM, UNAIR, UNUD, UNHAS, UNCEN, UNSRAT, UNIMAL, UNP, dan UNNES.

5. Arkeologi
Arkeologi mempelajari kehidupan dan aktivitas masyarakat di masa lalu melalui peninggalannya (monumen atau fosil).
Prospek kerja sarjana Arkeologi bisa menjadi ahli arkeologi di Dinas Pariwisata, Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, Balai Arkeologi, Museum, dsb.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Arkeologi adalah : UI, UGM, UNUD, dan UNHAS.

6. Sejarah
Sejarah mempelajari tentang uraian peristiwa atau kejadian yang terjadi di masa lampau.
Prospek kerja sarjana Sejarah bisa menjadi ahli sejarah di Dinas Pariwisata, LIPI, KEMDIKNAS, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Sejarah adalah : USU, UNAND, UI, UNPAD, UNDIP, UNS, UGM, UNEJ, UNUD, UNHAS, UNSRAT, UNIMED, UNP, UNRI, UNILA, SPMB, UNY, UNLAM, UNESA, UNAIR, IAIN SUNAN AMPEL, UNDIKSHA, UNCEN, UNM, UNTAD, UNHALU, UNIMA, UNPATTI, UNG, dan UNKHAIR.



(disadur dari buku KIAT SUKSES MENEMBUS SNMPTN oleh Suwah Sembiring)

Muhamad Musta'in

Salah satu tukang ketik di MadMatics di bidang statistika matematika. Pemilik blog MusMeong.com yang suka khilaf kalo liat kucing dan makanan gratisan. Dimana ada makanan gratisan, di situ dia ada. Gampang dilihat di kos temen lagi main GTA 5.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar