Pendaftaran (Seleksi Berkas) Monbukagakusho 2014

Siapa sih yang gak pengen kuliah gratis di Jepang? Siapa sih yang gak pengen ngrasain hidup di Jepang?
Tahun ini, pemerintah Jepang (Monbukagakusho) bakal ngasih kesempatan ke kalian buat kuliah gratis ke Jepang dan dapet uang saku tiap bulannya. Beasiswa yang bakal aku bahas di sini adalah beasiswa khusus lulusan SLTA. Untuk info selengkapnya, kalian bisa baca di http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_slta.html.
Beasiswa Monbukagakusho tahun ini bakal dibuka untuk keberangkatan tahun 2015. Berikut adalah diagram alur pendaftaran dan seleksi Monbukagakusho 2015 :
Untuk pilihan jurusan, bisa dilihat di :
- Field of Studies S1
- ANNEX D3
- ANNEX D2

Semua persyaratan pendaftaran selengkapnya ada di website informasi beasiswa & pendidikan di kedubes Jepang ya. Jangan lupa sebelumnya daftar dulu ya di http://register.beasiswamext.or.id/. Trus ntar kalian bakal dapet konfirmasi registrasi online yang berisi [Kode Registrasi] yang dikirimkan melalui email. Kayak gini nih contohnya :
Lupakan fotonya, kita lanjut ke prosedur pendaftaran selanjutnya. Selanjutnya, download aja Form Aplikasi Pendaftaran di link berikut ini :
Untuk panduan pengisian formulir, bisa didownload di SINI.
Kalo sudah mengisi formulir, print out saja. Jangan lupa print out konfirmasi registrasi online yang berisi [Kode Registrasi] di email. Trus, jangan lupa siapkan fotokopi Ijazah/Ijazah sementara dan SKHUN/SKHU sementara yang dilegalisir, sama fotokopi sertifikat JLPT (kalo yang punya). Masing-masing dokumen adalah 1 rangkap. Satukan semua berkas ke satu amplop gedhe yang biasa dipake buat melamar kerja. Trus pergi ke kantor pos, JNE, atau TIKI dan kirim amplop berisi dokumen-dokumennya ke :
Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang 
Jl. M.H.Thamrin 24 Jakarta 10350 
(cantumkan nomor registrasi pada pojok kanan atas amplop)
Jangan lupa ingat tanggal-tanggal pentingnya, jangan sampai melewati batas tanggal yang ditentukan karena nanti malah nyesel dan nyesek kalo ketinggalan informasi. Kalo udah daftar, sering-sering aja buka email, siapa tahu ada info mendadak (sering soalnya). Kalo ada pertanyaan lebih lanjut, bisa ditambahkan ke kolom komentar atau kirim email ke beasiswa@dj.mofa.go.jp.
Semoga sukses, dan tetap semangat! :)

Muhamad Musta'in

Salah satu tukang ketik di MadMatics di bidang statistika matematika. Pemilik blog MusMeong.com yang suka khilaf kalo liat kucing dan makanan gratisan. Dimana ada makanan gratisan, di situ dia ada. Gampang dilihat di kos temen lagi main GTA 5.

1 komentar: