Review dan Prospek Kerja Jurusan Ilmu Sosial

Ilmu Sosial ini secara umum ditampung oleh lima fakultas, yaitu : Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Komunikasi, dan Fakultas Psikologi.
pic from : http://media.mizanmag.com
Berikut review fakultas dan jurusan di Ilmu Sosial yang bakalan gue ulas :

A. Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi ini mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan manusia dan kebutuhannya. Secara umum sih, ada tiga jurusan, yaitu :

1. Ekonomi dan Pembangunan
Ekonomi dan Pembangunan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan materialnya dalam skala masyarakat luas. Jadi, kalo mau masuk ke jurusan ini ya harus suka mengamati perkembangan masalah-masalah ekonomi nasional dan internasional.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Ekonomi dan Pembangunan adalah : UNSYIAH, UNIMAL, USU, UNP, UNAND, UNJA, UNIB, UNSRI, UNILA, UNPAD, UNSOED, UNNES, UNDIP, UNS, UNTAN, UPR, UNLAM, UNMUL, UNAIR, TRUNOJOYO, UM, UB, UNEJ, UNUD, UNRAM, UNM, UIN-ALAUDDIN, UNHAS, UNTAD, UNHALU, UNIMA, UNSTRAT, UNPATTI, UNCEN, dan UNKHAIR.

2. Manajemen
Manajemen mempelajari proses melakukan suatu kegiatan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Proses ini biasanya dilakukan dalam perusahaan sehingga menajemen juga dapat diartikan ekonomi perusahaan.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Manajemen adalah : UNSYIAH, UNIMAL, USU, UNP, UNAND, UNRI, UIN-SUSKA, UNJA, UNIB, UNSRI, UNILA, UNJ, UI, UNPAD, UIN-SGD, UNTIRTA, UNSOED, UNNES, UNDIP, UNS, UNY, UNTAN, UPR, UNLAM, UNMUL, UNESA, UNAIR, TRUNOJOYO, UM, UB, UIN-MALANG, UNEJ, UNUD, UNRAM, UNM, UIN-ALAUDDIN, UNHAS, UNTAD, UNHALU, UNIMA, UNSTRAT, UNPATTI, UNCEN, dan UNKHAIR.

3. Akuntansi
Akuntansi mempelajari penggolongan, penguraian, dan penafsiran pembukuan dengan tujuan memperlihatkan jalannya suatu usaha dari segi untung ruginya perusahaan.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Akuntansi adalah : UNSYIAH, USU, UNAND, UNRI, UNJA, UNSRI, UNIB, UNILA, UI, UNPAD, UNDIP, UNS, UGM, UNSOED, UNPAL, UNEJ, UNTAN, UNMUL, UNLAM, UNAIR, UB, UNUD, UNSRAT, UNHAS, UNTAD, UNHALU, UNPATTI, UNCEN, UNRAM, UNIMAL, UNP, UIN, UIN-SUSKA, UIN-JKT, UPI, UNTIRTA, UNNES, SPMB, dan UNY.

B. Fakultas Hukum
Fakultas Hukum ini cuma ada satu prodi yaitu prodi Hukum. Prodi ini mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan hukum (aturan dan konsekuensinya). Aturan-aturan tersebut dapat antarmanusia, antarnegara, dan sebagainya. Bidang spesialisasi hukum adalah : Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, dan Hukum Internasional.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Fakultas Hukum adalah : UNSYIAH, USU, UNAND, UNDIP, UNS, UGM, UNLAM, UNAIR, UB, UNEJ, UNUD, UNRAM, UNDANA, UNHAS, UNTAD, UNSRAT, UNPATTI, UNCEN, UNIMAL, UNRI, UIN-SUSKA, UNJA, UNIB, UNSRI, UNILA, UI, UNPAD, UIN-SGD, UNTIRTA, UNSOED, UNNES, UNS, UPR, TRUNOJOYO, UIN-ALAUDDIN, UNHALU, UNIMA, dan UNKHAIR.

C. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) ini secara umum sih, ada enam jurusan, yaitu :

1. Ilmu Politik atau Ilmu Pemerintahan
Ilmu Politik atau Ilmu Pemerintahan mempelajari tentang pranata-pranata serta proses-proses kekuasaan dalam kehidupan masyarakat, terutama yang berkaitan dengan negara atau pemerintahan.
Prospek kerja dari sarjana Ilmu Politik atau Ilmu Pemerintahan bisa menjadi ahli politik dan pemerintahan di KEMDAGRI, KEMLU, KEMDIKNAS, LIPI, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di perguruan tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Ilmu Politik atau Ilmu Pemerintahan adalah : UNRI, UNILA, UNPAD, UNSOED, UNDIP, UGM, UNLAM, UNAIR, UNHAS, UNSRAT, UNPATTI, UNSYIAH, UNIMAL, USU, UNAND, UNRI, UNILA, UNMUL, UNAIR, UB, UNHAS, UNTAD, dan UNCEN.

2. Hubungan Internasional
Hubungan Internasional mempelajari tentang politik tingkat internasional.
Prospek kerja dari sarjana Hubungan Internasional bisa menjadi ahli politik di KEMLU, atau wartawan dan penulis di Media Massa. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di perguruan tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Hubungan Internasional adalah : USU, UI, UNPAD, UNDIP, UGM, UNS, UNAIR, UNSRAT, UNHAS, UNRI, UNMUL, UB, dan UNEJ.

3. Sosiologi
Sosiologi mempelajari hubungan antar manusia dalam masyarakat.
Prospek kerja dari sarjana Sosiologi bisa menjadi peneliti di LIPI, KEMDAGRI, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di perguruan tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Sosiologi adalah : USU, UNAND, UNRI, UNILA, UI, UNTAN, UNMUL, UNSOED, UNS, UGM, UNAIR, UNDANA, UNHAS, UNTAD, UNHALU, UNSRAT, UNPATTI, UNCEN, UNSYIAH, UNIMAL, UNSRI, UNJ, SPMB, UNY, TRUNOJOYO, IAIN SUNAN AMPEL, UB, UNEJ, dan UNDANA.

4. Administrasi Negara
Administrasi Negara mempelajari semua kegiatan mengenai hubungan antara sarana dan tujuan, hubungan antara fakta dan nilai, dan hubungan antara perilaku dan tindakan dalam organisasi kenegaraan.
Prospek kerja dari sarjana Administrasi Negara bisa menjadi ahli pemerintahan di KEMDAGRI, BAPPENAS, BAPPEDA, BAKN, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di perguruan tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Administrasi Negara adalah : USU, UNRI, UNAND, UI, UNPAD, UNTAN, UNSOED, UNDIP, UNS, UGM, UNILA, UNMUL, UNAIR, UB, UNEJ, UNDANA, UNHAS, UNTAD, UNHALU, UNSRAT, UNPATTI, UNCEN, UNIMAL, UNP, UIN-SUSKA, UNIB, UNSRI, UNTIRTA, UNS, UNY, UPR, dan UNLAM.

5. Sosiatri
Sosiatri mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan penyakit sosial (kemiskinan, kebodohan, buta huruf, dsb.) dan penyembuhannya.
Prospek kerja dari sarjana Sosiatri bisa menjadi ahli sosiatri di KEMDAGRI, KEMSOS, Transmigrasi, LIPI, BKKBN, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di perguruan tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Sosiatri adalah : UGM, UNMUL, dan UNSRAT.

6. Kriminologi
Kriminologi mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan kejahatan (gejala, latar belakang kejadian, keadaan si pelaku).
Prospek kerja dari sarjana Kriminologi bisa menjadi ahli kriminologi di Kepolisian, Kejaksaan, LIPI, menjadi wartawan dan penulis di Media Massa, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di perguruan tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Kriminologi adalah : UI.

D. Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi secara umum mempunyai dua jurusan, yaitu :

1. Ilmu Komunikasi
Ilmu Komunikasi mempelajari tentang serangkaian proses sejak munculnya pesan dalam masyarakat sampai dengan penerimaan informasi tersebut di masyarakat.
Prospek kerja dari sarjana Ilmu Komunikasi bisa bekerja di semua departemen atau perusahaan. Tapi, lebih banyak dibutuhkan sebagai wartawan dan penulis di TVRI, Surat Kabar, Majalah, dsb.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Ilmu Komunikasi adalah : UNRI, UI, UNPAD, UGM, UNAIR, UNEJ, UNHAS, UNSYIAH, UNIMAL, USU, UNAND, UNRI, UNIB, UNILA, UNTIRTA, UNSOED, UNDIP, UNS, TRUNOJOYO, IAIN SUNAN AMPEL, UB, UIN-ALAUDDIN, UNTAD, UNHALU, dan UNSTRAT.

2. Ilmu Perpustakaan
Ilmu Perpustakaan mempelajari tentang pencarian dan penyimpanan informasi.
Prospek kerja dari sarjana Ilmu Komunikasi bisa menjadi pustakawan dan bekerja di Perpustakaan milik Pemerintah, Perguruan Tinggi, atau Perusahaan.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Ilmu Perpustakaan adalah : USU, UI, UNPAD, UNDIP, dan UIN-ALAUDDIN.

E. Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi mempelajari tentang tingkah laku dan kegiatan manusia yang merupakan cermin dari jiwanya. Bidang spesialisasi Psikologi adalah : Psikologi Industri, Psikologi Sosial, Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, Psikologi Perkembangan, dan Psikologi Eksperimen.
Prospek kerja dari sarjana Psikologi bisa menjadi HRD (Personalia) di setiap perusahaan, atau bisa juga menjadi psikolog di Rumah Sakit atau Biro Konsultasi Psikologi, dsb.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Fakultas Psikologi adalah : UI, UNPAD, UGM, UNAIR, UNSYIAH, UNP, UIN-JKT, UIN-SED, UNNES, dan UM.



(disadur dari buku KIAT SUKSES MENEMBUS SNMPTN oleh Suwah Sembiring)

Muhamad Musta'in

Salah satu tukang ketik di MadMatics di bidang statistika matematika. Pemilik blog MusMeong.com yang suka khilaf kalo liat kucing dan makanan gratisan. Dimana ada makanan gratisan, di situ dia ada. Gampang dilihat di kos temen lagi main GTA 5.

1 komentar:

  1. BAGUS BGT ulasannya, patut dijadikan referensi buat milih jurusan di perguruan tinggi...

    BalasHapus