Review dan Prospek Kerja Jurusan Ilmu Pertanian

Kali ini, gue bakal ngreview tentang jurusan ilmu pertanian. Ilmu pertanian ini secara umum ditampung oleh Fakultas Pertanian dan mempelajari tentang usaha-usaha pengadaan tumbuhan dan hewan untuk kesejahteraan manusia.
Ilmu-ilmu pertanian terdiri dari beberapa jurusan seperti : Ilmu Tanah, Budidaya Pertanian, Sosial Ekonomi Pertanian, Ilmu Hama dan Penyakit, Perikanan, Peternakan, Kehutanan, Mekanisasi Pertanian, Pengolahan Hasil Pertanian, dan Teknologi Industri Pertanian.
pic from : http://kampus.unikom.ac.id/
Berikut review jurusan di Ilmu Pertanian yang bakalan gue ulas :

1. Ilmu Tanah
Ilmu Tanah mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan tanah (pemanfaatan, pengawetan, dsb.). Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan Ilmu Tanah adalah kimia.
Prospek kerja dari sarjana Ilmu Tanah bisa menjadi ahli tanah atau peneliti di Kementerian Pertanian dan Perkebunan, Kementerian Kehutanan dan Transmigrasi, Balai Penyuluhan Pertanian, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Ilmu Tanah adalah : UNSYIAH, USU, UNJA, UNILA, IPB, UNPAD, UNTAN, UNS, UGM, UNLAM, UNMUL, UB, UNEJ, UNUD, UNRAM, UNHAS, UNSRAT, dan UNPATTI.

2. Budidaya Pertanian (Agronomi)
Budidaya Pertanian (Agronomi) mempelajari asal-usul tanaman, penyebaran, penggolongan, pertumbuhan sejak ditanam sampai panen, serta teknologi pembudidayaan pertanian. Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan Budidaya Pertanian adalah biologi.
Prospek kerja dari sarjana Budidaya Pertanian bisa menjadi ahli budidaya atau peneliti di Kementerian Pertanian dan Perkebunan, Kementerian Kehutanan dan Transmigrasi, Lembaga Penelitian Hortikultura, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Budidaya Pertanian adalah : UNSYIAH, USU, UNAND, UNJA, UNSRI, UNIB, UNILA, IPB, UNTAN, UGM, UNMUL, UB, UNEJ, UNUD, UNDANA, UNHAS, UNTAD, UNHALU, UNSRAT, UNPATTI, dan UNCEN.

3. Sosial Ekonomi Pertanian
Sosial Ekonomi Pertanian mempelajari hubungan ekonomi dan pertanian (ekonomi pertanian, penyuluhan pertanian, komunikasi pertanian).
Prospek kerja dari sarjana Sosial Ekonomi Pertanian bisa menjadi ahli sosial ekonomi pertanian di Kementerian Pertanian dan Perkebunan, Perusahaan Perkebunan, Balai Pendidikan dan Penyuluhan Pertanian, Proyek Pemerintah Bimas/Inmas, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Sosial Ekonomi Pertanian adalah : UNSYIAH, USU, UNAND, UNJA, UNSRI, UNILA, IPB, UNPAD, UNTAN, UNS, UGM, UNLAM, UB, UNEJ, UNUD, UNRAM, UNDANA, UNHAS, UNHALU, UNSRAT, UNPATTI, dan UNCEN.

4. Ilmu Hama dan Penyakit
Ilmu Hama dan Penyakit mempelajari cara menanggulangi dan mencegah berjangkitnya hama penyakit. Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan Ilmu Hama dan Penyakit adalah kimia dan biologi.
Prospek kerja dari sarjana Ilmu Hama dan Penyakit bisa menjadi ahli atau peneliti di Kementerian Pertanian dan Perkebunan, Kementerian Kehutanan dan Transmigrasi, Perusahaan Perkebunan, Balai Penyuluhan Pertanian, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Ilmu Hama dan Penyakit adalah : UNSYIAH, USU, UNAND, UNJA, UNSRI, UNILA, IPB, UNPAD, UNTAN, UNS, UGM, UNLAM, UNMUL, UB, UNEJ, UNUD, dan UNPATTI.

5. Perikanan
Perikanan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan ikan (lingkungan pemeliharaan, makanan, penangkapan, hama dan penyakit, budidaya, dsb.). Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan Perikanan adalah kimia dan biologi.
Prospek kerja dari sarjana Perikanan bisa menjadi ahli perikanan atau peneliti di Kementerian Pertanian dan Perkebunan, Kementerian Perdagangan, Balai Pendidikan dan Penyuluhan Perikanan, Perusahaan Penangkapan dan Pengolahan Ikan, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Perikanan adalah : UNRI, IPB, UNPAD, UGM, UNDIP, UB, UNHAS, UNLAM, dan UNPATTI.

6. Peternakan
Peternakan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan ternak (pemeliharaan, makanan, penangkapan, hama dan penyakit, budidaya, dsb.). Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan Peternakan adalah kimia dan biologi.
Prospek kerja dari sarjana Peternakan bisa menjadi ahli peternakan atau peneliti di Kementerian Pertanian dan Perkebunan, Kementerian Perdagangan, Balai Pendidikan dan Penyuluhan Ternak, Pusat Penelitian dan Pengembangan Ternak, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Peternakan adalah : UNSYIAH, UNJA, UNAND, UNDANA, IPB, UNPAD, UGM, UNSOED, UNDIP, UB, UNUD, UNHAS, UNTAD, UNPATTI, UNRAM, dan UNCEN.

7. Kehutanan
Ini nih, jurusannya Jokowi waktu kuliah dulu. hehe. Kehutanan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan hutan (penanaman, pemeliharaan, penyuburan tanah, pengolahan hasil hutan, perlindungan terhadap air dan cuaca). Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan Kehutanan adalah biologi.
Prospek kerja dari sarjana Kehutanan bisa menjadi ahli kehutanan atau peneliti di Kementerian Pertanian dan Perkebunan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Kehutanan dan Transmigrasi, Lembaga Penelitian Hasil Hutan, Lembaga Penelitian Tanaman Tropis, PT. Perhutani, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Kehutanan adalah : IPB, UGM, UNTAN, UNMUL, UNLAM, UNHAS, UNPATTI, dan UNCEN.

8. Mekanisasi Pertanian
Mekanisasi Pertanian mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan alat pertanian maupun alat pengolahan hasil pertanian. Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan Mekanisasi Pertanian adalah fisika dan matematika.
Prospek kerja dari sarjana Mekanisasi Pertanian bisa menjadi ahli peralatan atau peneliti di Kementerian Pertanian dan Perkebunan, Perusahaan Perkebunan, Kementerian Kehutanan dan Transmigrasi, Perusahaan Alat-Alat Berat Pertanian, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Mekanisasi Pertanian adalah : UNAND, IPB, UNPAD, UGM, UNHAS, dan UNRAM.

9. Pengolahan Hasil Pertanian
Pengolahan Hasil Pertanian mempelajari pengolahan hasil pertanian sejak panen hingga siap dikonsumsi. Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan Pengolahan Hasil Pertanian adalah biologi dan kimia.
Prospek kerja dari sarjana Pengolahan Hasil Pertanian bisa menjadi ahli atau peneliti di Kementerian Pertanian dan Perkebunan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Industri Makanan, Industri Minuman, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Pengolahan Hasil Pertanian adalah : UNAND, IPB, UNPAD, UGM, UNHAS, UB, dan UNEJ.

10. Teknologi Industri Pertanian
Teknologi Industri Pertanian mempelajari dasar perencanaan, perancangan evaluasi, dan penerapan unsur-unsur kesatuan sistem produksi seperti manusia, mesin, dan peralatan serta sumber daya pertanian agar industri pertanian dapat mencapai efektivitas dan efisiensi yang optimal. Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan Teknologi Industri Pertanian adalah IPA dan Ekonomi.
Prospek kerja dari sarjana Teknologi Industri Pertanian bisa menjadi ahli atau peneliti di Kementerian Pertanian dan Perkebunan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Perusahaan Perkebunan, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Teknologi Industri Pertanian adalah : IPB, UGM, UB, UNEJ, UNUD, dan UNRAM.



(disadur dari buku KIAT SUKSES MENEMBUS SNMPTN oleh Suwah Sembiring)

Muhamad Musta'in

Salah satu tukang ketik di MadMatics di bidang statistika matematika. Pemilik blog MusMeong.com yang suka khilaf kalo liat kucing dan makanan gratisan. Dimana ada makanan gratisan, di situ dia ada. Gampang dilihat di kos temen lagi main GTA 5.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar