Prospek Kerja dan Review Jurusan Ilmu Kesehatan

Sekarang, gue bakalan ngreview tentang fakultas yang identik dengan orang-orang berjas putih. Yap, fakultas yang menampung ilmu-ilmu kesehatan. Fakultas tersebut terdiri dari fakultas Kedokteran Umum, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan Fakultas Kedokteran Hewan.
pic from : http://tohasyahputra.com/
Berikut review jurusan di Ilmu Kesehatan yang bakalan gue ulas :

1. Kedokteran Umum
Kedokteran Umum mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan penyakit (jenis, gejala, penyebab, penyembuhan, dan pencegahan). Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan Kedokteran Umum adalah biologi dan kimia.
Prospek kerja dari sarjana Kedokteran bisa bekerja sebagai pekerja/ahli kesehatan di berbagai rumah sakit, buka praktik sendiri, atau bisa juga menjadi dosen atau peneliti.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Kedokteran Umum adalah : UNSYIAH, USU, UNAND, UI, UNPAD, UNDIP, UNS, UGM, UNAIR, UB, UNUD, UNSAR, UNHAS, UNSOED, UNSRI, UNILA, dan UIN-JKT.

2. Kedokteran Gigi
Kedokteran Gigi mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan gigi (pengobatan, perawatan, pembuatan gigi palsu, dsb). Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan Kedokteran Umum adalah biologi dan kimia.
Prospek kerja dari sarjana Kedokteran Gigi bisa bekerja sebagai pekerja/ahli kesehatan gigi di berbagai rumah sakit, buka praktik sendiri, atau bisa juga menjadi dosen atau peneliti.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Kedokteran Gigi adalah : USU, UI, UNPAD, UGM, UNAIR, UNHAS, UB, UNSYIAH, UNSRI, UNEJ, dan UNSTRAT.

3. Kesehatan Masyarakat
Kesehatan Masyarakat mempelajari manajemen rumah sakit atau pencegahan penyakit masyarakat melalui penyuluhan. Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan Kesehatan Masyarakat adalah IPA dan IPS.
Prospek kerja dari sarjana Kesehatan Masyarakat bisa bekerja sebagai pekerja/ahli kesehatan di rumah sakit, di Kementerian Kesehatan, atau bisa juga menjadi dosen atau peneliti.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Kesehatan Masyarakat adalah : USU, UI, UNDIP, UGM, UNAIR, UNHAS, UB, UNAND, UNSRI, UIN-JKT, UNSOED, UNEJ, UNDANA, dan UIN-ALAUDDIN.

4. Kedokteran Hewan
Kedokteran Hewan mempelajari tentang pengobatan hewan yang sakit, dan penyediaan protein hewani yang berkualitas tinggi dan baik untuk dikonsumsi masyarakat. Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan Kedokteran Umum adalah biologi dan kimia.
Prospek kerja dari sarjana Kedokteran Hewan bisa bekerja sebagai pekerja/ahli kesehatan hewan di Dinas Peternakan, Lembaga Penelitian Ternak, LIPI, PPA, LPPH, Kebun Binatang, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen atau peneliti.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke Kedokteran Hewan adalah : UGM, IPB, UNAIR, UNUD, UNSYIAH, UNHAS, dan UB.



(disadur dari KIAT SUKSES MENEMBUS SNMPTN oleh Suwah Sembiring)

Muhamad Musta'in

Salah satu tukang ketik di MadMatics di bidang statistika matematika. Pemilik blog MusMeong.com yang suka khilaf kalo liat kucing dan makanan gratisan. Dimana ada makanan gratisan, di situ dia ada. Gampang dilihat di kos temen lagi main GTA 5.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar