Prospek Kerja dan Review Fakultas Teknik

Kali ini, gue bakal membahas tentang fakultas yang sewaktu ospek kadang berisi oleh maba-maba yang kepalanya gundul. Ya, Fakultas Teknik. Fakultas Teknik mencakup pembelajaran tentang ilmu-ilmu teknik.
pic from : http://idealteknikkontrol.com/
Fakultas ini secara umum mempelajari tentang hal-hal yang berhubungan dengan teknik di bangunan maupun di industri. Jurusan-jurusan yang ada di FT (Fakultas Teknik) secara umum adalah : Teknik Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Planologi, Teknik Geodesi, Teknik Penyehatan, Teknik Elektro, Teknik Informatika, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Nuklir, Teknik Metalurgi, Teknik Geologi, Teknik Geofisika, Teknik Pertambangan, Teknik Perminyakan, Teknik Perkapalan, dan Teknik Kelautan. Berikut review jurusan di Ilmu Teknik yang bakalan gue ulas :

1. Teknik Arsitektur
Di prodi Teknik Arsitektur ini, kita bakalan belajar bagaimana membuat suatu bangunan dan merancangnya. Pelajaran di SMA yang mendasari prodi Teknik Arsitektur adalah menggambar, mekanika, dan matematika.
Prospek kerja dari sarjana Teknik Arsitektur bisa menjadi ahli teknik (perencana, konsultan) atau peneliti di perusahaan swasta nasional, swasta asing, Kementrian PU, LIPI, BPPT, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke prodi Teknik Arsitektur adalah : UI, ITB, UNDIP, UNS, ITS, UB, UNUD, UNHAS, UNSRAT, UNSYAH, UNIMAL, UNSRI, UGM, UPR, UNLAM, UIN-MALANG, UNDANA, UIN-ALAUDDIN, UNTAD, UNHALU, dan UNKHAIR.

2. Teknik Sipil
Teknik Sipil ini hampir mirip dengan teknik Arsitektur. Bedanya, kalau Teknik Sipil ini lebih mengurus soal perencanaan dan pelaksanaan berbagai macam bangunan. Bangunan yang digarap meliputi bangunan tempat tinggal, gedung perkantoran, bangunan industri, bangunan pemanfaatan dan pengairan air, dan prasarana pengangkutan seperti jalan raya, jembatan, lapangan udara, dsb. Pelajaran di SMA yang mendasari prodi Teknik Sipil adalah mekanika dan matematika.
Prospek kerja dari sarjana Teknik Sipil bisa menjadi ahli teknik (perencana, konsultan) atau peneliti di perusahaan swasta nasional, swasta asing, LIPI, BPPT, Kementerian PU, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kehutanan dan Transmigrasi, dsb. Selain itu, dapat juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke prodi Teknik Sipil adalah : UNSYIAH, USU, UNAND, UNSRI, UI, ITB, UNTAN, UNDIP, UNS, UGM, ITS, UB, UNUD, UNHAS, UNSRAT, UNIMAL, UNRI, UNIB, UNSRI, UNILA, UNJ, UPI, UNTIRTA, UNSOED, UNY, UPR, UNLAM, UNMUL, UNEJ, UNUD, UNRAM, UNDANA, UNCEN, UNTAD, UNHALU, UNSTRAT, dan UNKHAIR.

3. Teknik Planologi
Teknik Planologi ini mempelajari tentang perencanaan suatu wilayah atau kota yang meliputi banyak aspek, misalnya aspek fisik, ekonomi, sosbud, politik, hukum, dll. Pelajaran di SMA yang mendasari prodi Teknik Planologi adalah IPA dan Pengetahuan Sosial.
Prospek kerja dari sarjana Teknik Planologi bisa menjadi ahli teknik (perencana, konsultan) atau peneliti di PEMDA, BAPENAS, PERUMNAS, BPPT, Kementerian Kehutanan dan Transmigrasi, dsb. Selain itu, dapat juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke prodi Teknik Planologi adalah : ITB, ITS, UNDIP, UNS, UGM, ITS, UB, dan UIN-ALAUDDIN.

4. Teknik Geodesi
Teknik Geodesi mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan pengukuran bentuk bumi, medan gravitasi bumi, hubungan bumi dengan jagat raya, dll. Pelajaran di SMA yang mendasari prodi Teknik Geodesi adalah fisika dan matematika.
Prospek kerja dari sarjana Teknik Geodesi bisa menjadi ahli teknik (perencana, konsultan) atau peneliti di perusahaan asing, swasta nasional, maupun lembaga pemerintah seperti BAKORSURTANAL, BAPENAS, BPPT, PEMDA, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke prodi Teknik Geodesi adalah : ITB, UNDIP, dan UGM.

5. Teknik Penyehatan
Teknik Penyehatan ini mempelajari tentang pemanfaatan air untuk air minum atau keperluan industri. Pelajaran di SMA yang mendasari prodi Teknik Penyehatan adalah matematika, kimia, dan biologi.
Prospek kerja dari sarjana Teknik Penyehatan bisa menjadi ahli teknik (perencana, konsultan) atau peneliti di perusahaan asing, swasta nasional, maupun lembaga pemerintah seperti PEMDA, DEPKES, BAPENAS, BPPT, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke prodi Teknik Penyehatan adalah ITB.

6. Teknik Elektro
Teknik Elektro mempelajari pemanfaatan yang diakibatkan oleh elektron. Teknik Elektro ini punya dua sub jurusan, yaitu jurusan Tegangan Tinggi (Pembangkit Tenaga Listrik) dan jurusan Tegangan Rendah (Telekomunikasi). Pelajaran di SMA yang mendasari prodi Teknik Elektro adalah fisika dan matematika.
Prospek kerja dari sarjana Teknik Elektro bisa menjadi ahli teknik (perencana, konsultan) atau peneliti di perusahaan asing, swasta nasional, maupun lembaga pemerintah seperti PLN, TELKOM, LIPI, BPPT, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke prodi Teknik Elektro adalah : USU, UNSRI, UI, ITB, UNTAN, UNDIP, UGM, ITS, UB, UNUD, UNHAS, UNIMAL, UNIMED, UNP, UNAND, UIN-SUSKA, UNIB, UNILA, UPI, UIN-SGD, UNTIRTA, UNSOED, UNNES, UNY, UNESA, ITS, UNEJ, UNRAM, UNDANA, UNM, UNHALU, UNSTRAT, UNCEN, dan UNKHAIR.

7. Teknik Komputer/Informatika
Teknik Komputer atau Teknik Informatika adalah dua prodi yang berbeda. Kalo di Teknik Komputer, kita mempelajari tentang cara pembuatan perangkat keras (hardware) komputer. Sementara itu, kalo di Teknik Informatika, kita mempelajari tentang cara pembuatan perangkat lunak (software) komputer. Pelajaran di SMA yang mendasari prodi Teknik Komputer/Informatika adalah matematika dan fisika.
Prospek kerja sarjana Teknik Komputer/Informatika bisa menjadi ahli komputer (perencana, konsultan) atau peneliti di perusahaan asing, swasta nasional, maupun lembaga pemerintah. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke prodi Teknik Komputer/Informatika adalah : UI, ITB, UGM, ITS, UNIMAL, UIN-SUSKA, UNIB, UNSRI, UIN-SGD, UNY, UNTAN, UPR, TRUNOJOYO, UM, UIN-MALANG, UNDIKSHA, UNHAS, UNHALU, UNJ, UPI, UNTIRTA, UNNES, UNS, UNLAM, UNEJ, UNDANA, UNM, UNHAS, UNTAD, UNSTRAT, dan UNPATTI.

8. Teknik Mesin
Teknik Mesin mempelajari tentang hal-hal yang berhubungan dengan mesin (cara membuat, merawat, dan konstruksinya). Pelajaran di SMA yang mendasari prodi jurusan Mesin adalah fisika dan matematika.
Prospek kerja sarjana Teknik Mesin bisa menjadi ahli teknik mesin (perencana, konsultan) atau peneliti di perusahaan asing, swasta nasional, maupun lembaga pemerintah. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke prodi Teknik Mesin adalah : UNSYIAH, USU, UNAND, UNSRI, UI, ITB, UNDIP, UGM, ITS, UB, UNUD, UNHAS, UNIMAL, UNIMED, UNP, UNM, UNTAD, UNHALU, UNIMA, UNSTRAT, UNPATTI, dan UNKHAIR.

9. Teknik Penerbangan
Teknik Penerbangan termasuk prodi dari jurusan Teknik Mesin. Di sini, dipelajari tentang cara membuat mesin pesawat, cara merawat dan cara membuat konstruksi mesin pesawat. Tuh, bisa jadi kayak Habibie kan nanti. Hehe. Pelajaran di SMA yang mendasari prodi Teknik Penerbangan adalah fisika dan matematika.
Prospek kerja sarjana Teknik Penerbangan bisa menjadi ahli teknik penerbangan atau peneliti di perusahaan-perusahaan penerbangan IPTN, BPPT, LAPAN, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke prodi Teknik Penerbangan adalah : ITB.

10. Teknik Perkapalan
Teknik Perkapalan juga termasuk prodi dari jurusan Teknik Mesin. Kalo di teknik penerbangan fokusnya di pesawat, kalo di sini fokusnya di kapal. Pelajaran di SMA yang mendasari prodi Teknik Perkapalan adalah fisika dan matematika.
Prospek kerja sarjana Teknik Perkapalan bisa menjadi ahli teknik perkapalan atau peneliti di perusahaan-perusahaan perkapalan, PT. PAL, BPPT, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke prodi Teknik Perkapalan adalah : ITS, UNHAS, UNPATTI, UI, UNDIP, UNM, dan UNPATTI.

11. Teknik Industri
Teknik Industri mempelajari tentang masalah-masalah perencanaan dan pengawasan sistem yang terdiri dari unsur-unsur manusia, alat, dan sumber alam lainnya. Kalo diibaratin sih, Teknik Indsutri ini kayak Tekniknya Ekonomi. Pelajaran di SMA yang mendasari prodi Teknik Industri adalah fisika, matematika, dan ekonomi.
Prospek kerja sarjana Teknik Industri bisa menjadi ahli teknik atau peneliti di berbagai perusahaan, Kementerian Perindustrian, BPPT, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke prodi Teknik Industri adalah : USU, UI, ITB, ITS, UNIMAL, UNAND, UIN-SUSKA, UNTIRTA, UNDIP, UNS, UGM, UNMUL, TRUNOJOYO, UB, UIN-ALAUDDIN, dan UNPATTI.

12. Teknik Kimia
Teknik Kimia mempelajari cara mengolah suatu bahan menjadi produk yang memiliki dayaguna melalui proses kimia atau fisika. Pelajaran di SMA yang mendasari prodi Teknik Kimia adalah kimia, fisika, dan matematika.
Prospek kerja sarjana Teknik Kimia bisa menjadi ahli teknik (perencana, konsultan) atau peneliti di perusahaan-perusahaan asing, swasta nasional, Kementerian Perindustrian, BPPT, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke prodi Teknik Kimia adalah : UNSYIAH, USU, UNSRI, UI, ITB, UNDIP, UGM, ITS, UNIMAL, UNRI, UNILA, UNTIRTA, UNS, dan UNLAM.

13. Teknik Fisika
Teknik Fisika mempelajari tentang pemanfaatan ilmu fisika. Pelajaran di SMA yang mendasari prodi Teknik Fisika adalah fisika dan matematika.
Prospek kerja sarjana Teknik Perkapalan bisa menjadi ahli teknik atau peneliti di PT. DI, BPPT, LAPAN, PT. TELKOM, INDOSAT, ELNUSA, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke prodi Teknik Fisika adalah : ITB, ITS, dan UGM.

14. Teknik Geofisika
Teknik Geofisika mempelajari tentang pemanfaatan pengetahuan tentang kondisi fisik bumi. Pelajaran di SMA yang mendasari prodi Teknik Geofisika adalah fisika dan matematika.
Prospek kerja sarjana Teknik Geofisika bisa menjadi ahli teknik atau peneliti di Direktorat Vulkanologi, ELNUSA, Caltex, perusahaan minyak seperti Mobil Oil, Union Oil, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke prodi Teknik Geofisika adalah : ITB dan UNILA.

15. Teknik Geologi
Teknik Geologi mempelajari tentang penelitian, pencarian bahan-bahan tambang, dan hal-hal yang berkaitan dengan kejadian alam di bumi. Pelajaran di SMA yang mendasari prodi Teknik Geologi adalah fisika dan kimia.
Prospek kerja sarjana Teknik Geologi bisa menjadi ahli teknik atau peneliti di perusahaan minyak, konstruksi, Direktorat Pengawasan Gunung Berapi, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke prodi Teknik Geologi adalah : ITB, UNPAD, UGM, UNHAS, UNSOED, dan UNDIP.

16. Teknik Pertambangan
Teknik Pertambangan mempelajari tentang pencarian dan pengolahan bahan-bahan tambang. Pelajaran di SMA yang mendasari prodi Teknik Pertambangan adalah kimia.
Prospek kerja sarjana Teknik Pertambangan bisa menjadi ahli pertambangan di PT. Aneka Tambang, Lembaga Geologi dan Pertambangan Nasional, Perusahaan Minyak dan Gas seperti Mobil Oil, Union Oil, PT. Arun, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke prodi Teknik Pertambangan adalah : UNSRI, ITB, UNLAM, UNMUL, dan UNHAS.

17. Teknik Perminyakan
Teknik Perminyakan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan minyak, yaitu mencari dan mengolah bahan-bahan yang dapat dibuat menjadi minyak. Pelajaran di SMA yang mendasari prodi Teknik Perminyakan adalah kimia.
Prospek kerja sarjana Teknik Perminyakan bisa menjadi ahli teknik atau peneliti di perusahaan-perusahaan  perminyakan seperti Mobil Oil, Union Oil, Caltex, ARCO, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke prodi Teknik Perminyakan adalah : ITB.

18. Teknik Metalurgi
Teknik Metalurgi mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan metal (logam), yaitu mencari dan mengolah bahan-bahan yang dapat dibuat menjadi logam. Pelajaran di SMA yang mendasari prodi Teknik Perminyakan adalah kimia.
Prospek kerja sarjana Teknik Metalurgi bisa menjadi ahli teknik atau peneliti di PT. Krakatau Steel, PT. Timah, PT. Aneka Tambang, Lembaga Geologi dan Pertambangan Nasional, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke prodi Teknik Metalurgi adalah : UI dan UNTIRTA.

19. Teknik Nuklir
Teknik Nuklir mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan nuklir, baik itu di bidang kedokteran, industri pangan, industri logam, industri pertanian, dsb. Pelajaran di SMA yang mendasari prodi Teknik Nuklir adalah matematika, fisika, dan kimia.
Prospek kerja sarjana Teknik Nuklir bisa menjadi ahli teknik Nuklir atau peneliti di BATAN, BPPT, PT. Dirgantara Indonesia, Pertamina, Industri Makanan, Industri Plastik, Pembibitan, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke prodi Teknik Nuklir adalah : UGM.

(disadur dari buku KIAT SUKSES MENEMBUS SNMPTN karya Suwah Sembiring)

Muhamad Musta'in

Salah satu tukang ketik di MadMatics di bidang statistika matematika. Pemilik blog MusMeong.com yang suka khilaf kalo liat kucing dan makanan gratisan. Dimana ada makanan gratisan, di situ dia ada. Gampang dilihat di kos temen lagi main GTA 5.

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Mau membenarkan nih.
    Teknik perminyakan itu bukan yang nyari minyak, tapi dia yang melakukan pengeboran, pengolahan, serta mengitung cadangan minyak. Pelajaran yang sangat digunakan itu fisika matematika, yang persentase paling kecil itu kimia.
    Teknik pertambangan tidak hanya perlu kimia. Dia juga mempelajari ilmu kebumian yang juga harus paham banget fisika dan matematika untuk menghitung nilai keekonomisan bahan galian.
    Fyi, teknik metalurgi ada di ITB juga. Memang masih baru 10 tahun, tapi sudah terakreditasi A, sekarang juga mau mengejar akreditasi internasional. Teknik metalurgi tugasnya mengolah, mengekstrasi, rekayasa logam atau bahan galian tambang. Jadi teknik metalurgi tidak melakukan pencarian.
    Kalo mau eksplorasi SDA itu yg paling berperan teknik geofisika dan geologi.

    BalasHapus